Langkah Buat Bibit Kakao Unggul

Posted on January 8, 2018 by in Tips

Langkah Buat Bibit Kakao Unggul – Bagaimana caranya buat bibit kakao unggul? Budidaya tanaman kakao saat ini makin ramai digerakkan oleh beberapa petani di Indonesia. Sebagian ada yang membudidayakannya dengan system monokultur. Tetapi banyak juga petani yang pelihara kakao dengan system tumpangsari dengan kopi atau kelapa.

Perkembangbiakkan tanaman kakao dengan generatif lewat biji. Biji kakao yang baru di keluarkan dari buahnya mesti selekasnya disemai karna biji itu tidak memiliki masa durmansi. Bila tidak, jadi bisa di pastikan kalau benih ini juga akan mati hingga tidak dapat dikritikbahkan.

Sekurang-kurangnya ada dua jenis tehnik yang bisa dikerjakan untuk buat bibit kakao. Pertama yaitu mengecambahkan benih didalam karung goni. Serta yang ke-2 yakni menyemai biji segera dengan media pasir di bedengan. Mari kita tekuni ke-2 tehnik itu bersama!

Tehnik 1. Buat Bibit Kakao dengan Karung Goni

Pada dasarnya, sistem pengecambahan biji kakao memakai karung goni tambah lebih praktis dibanding dengan menggunakan bedengan. Sistem ini umumnya dikerjakan ditempat yang terbuka. Permukaan tanah yang juga akan dipakai untuk menaruh karung goni butuh diratakan terlebih dulu. Lalu berikan susunan batubata hingga air tidak akan digenangi serta tentang segera karung goni.

Sebelumnya bisa digunakan, karung goni mesti di rendam terlebih dulu didalam larutan pestisida untuk membersihkannya. Lalu hamparkan karung itu dengan tempat menghadap ke utara serta selatan. Tiap-tiap karung goni nanti dapat menyimpan biji kakao sejumlah lebih kurang 1200 biji bila jarak antar bijinya 2 x 3 cm. Kemudian, tempatkan biji diatas karung goni satu per satu dengan jarak sesuai sama rencana. Sesudah semuanya biji usai dipindahkan, hamparan biji itu memakai karung goni basah.

Perawatan selagi masa pengecambahan dikerjakan dengan menyiram biji-biji kakao sejumlah 2 kali/hari, yakni saat pagi serta sore hari. Bila tengah turun hujan, penyiraman baiknya tidak dikerjakan. Upayakan karung goni tidak memperoleh cahaya matahari segera. Langkahnya, Anda dapat menempatkan naungan sesaat dari jerami, alang-alang, daun tebu, atau daun kelapa diatas tempat pembibitan. Pemasangan naungan tambah baik menghadap ke arah timur serta miring ke barat.

Langkah Buat Bibit Kakao Unggul  – Pada hari ke-4, kecambah kakao umumnya telah bermunculan. Kecambah itu telah memiliki akar selama 1, 5-2 mm. Anda dapat segera menanamnya didalam polybag. Kerjakan sistem penanaman benih dengan hati-hati agar tidak mengakibatkan kerusakan system perakarannya. Lantas Anda dapat menyiram benih ini dengan air seperlunya.

Tehnik 2. Buat Bibit Kakao dengan Karung Goni

Tanah yang juga akan dibuat bedengan butuh dibuat demikian rupa untuk membersihkannya dari gulma serta bebatuan. Sesudah bedengan di buat dengan arah hadap ke utara serta selatan, ratakan sisi permukaan atasnya dan beri penyangga di samping kanan serta kiri menggunakan kayu, bambu, atau batubata. Taburkan pasir yang sudah diayak diatas bedengan sampai ketebalannya menjangkau 10-15 cm.

Langkah Buat Bibit Kakao Unggul , Tanamkan biji kakao kedalam bedengan dengan jarak tanam 1 x 3 cm atau 3 x 5 cm. Tempat penanaman biji mesti pas yaitu sisi yang runcing menghadap ke atas. Pemeliharaan benih selagi di bedengan bisa dikerjakan lewat cara menyiramnya tiap-tiap pagi serta sore hari. Manfaat menghindar serangan hama serta penyakit, kerjakan penyemprotan menggunakan pestisida dengan konsentrasi 0, 2 %.

Jika sisi kotiledon tanaman kakao telah keluar diatas pasir, benih dapat dipindahkan kedalam polybag. Pada intinya, sistem perpindahan ini sama juga dengan beberapa langkah yang perlu dikerjakan saat Anda menginginkan mengubahkan kecambah di karung goni ke polybag. Tetapi akhirnya mesti dikerjakan lebih hati-hati, terlebih waktu mencabut benih kakao ini. Jauhi mengubahkan benih kurun waktu yang sangat lama umpamanya hipokotil sudah memanjang dan kotiledon-nya telah terbuka.